Buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Untuk kelas 10

Kategori :  Buku Kurikulum 2013
Kontributor Naskah : Maryanto, Nur Hayati, Elvi Suzanti dan Anik Muslikah
Editor : Politeknik Negeri Media Kreatif, Jakarta
Jumlah Bab : 6
Jumlah Halaman : 256
Penerbit : Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdikbud
Tahun terbit : 2013


 .

Berdasarkan Kurikulum 2013, buku siswa kelas X ini memuat enam pelajaran yang berisi materi pembelajaran teks laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, anekdot, negosiasi, dan materi gabungan berbagai jenis teks.

Pada awal setiap pelajaran, siswa diajak untuk membangun konteks sesuai dengan tema pelajaran. Setiap tema dibahas lebih lanjut dalam tiga kegiatan, yakni :
(1) pemodelan teks
(2) kerja sama membangun teks
(3) kerja mandiri membangun teks.

Kegiatan pembelajaran teks itu masing-masing dikembangkan dalam bentuk tugas-tugas yang sangat beragam untuk menciptakan kegemaran belajar. Tugas tambahan membaca buku rujukan juga diberikan pada setiap pelajaran dan siswa diminta untuk melaporkan hasil pelaksanaan tugas membaca itu sebagai bagian dari evaluasi pembelajaran.

Melalui buku ini, diharapkan siswa mampu dan berpengalaman memproduksi serta menggunakan teks sesuai dengan tujuan dan fungsi sosialnya. Dalam pembelajaran bahasa yang berbasis teks, bahasa Indonesia diajarkan bukan sekadar sebagai pengetahuan bahasa, melainkan sebagai teks yang mengemban fungsi untuk menjadi sumber aktualisasi diri dan mengembangkan budaya akademik.

Download Buku Bahasa Indonesia